Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Perbandingan Karbu Dng EFI

Karburator

Karburator adalah bagian/tempat/alat terjadinya perpaduan /mencampur antara bahan bakar dan udara, dimana dengan settingan yang pas akan menghasilkan pembakaran yang bagus…
Banyak orang menyetel karburator motornya seirit mungkin, tujuannya memang benar, akan tetapi efek yang ditimbulkan mesin menjadi kepanasan (overheat). Apabila mesin overheat, akan mengakibatkan pemuaian yang berlebihan pada komponen pembakaran, ujung - ujungnya komponen seperti: piston, ring piston dan liner akan cepat mengalami keausan.
Lebik baik setelan karburator di setel sesuai standar pabrik 


Sistem EFI

Ada bermacam2 type juga : Throttle Body Injection, Port Fuel Injection, dan Direct Fuel Injection
Throttle Body Injection: simple, mirip cara kerja karburator..injektor dekat throttle
Port Fuel Injection: posisi injector pada silinder head atau intake manifold
Direct Fuel Injection: bahan bakar langsung di injek ke silinder mis: pada mesin diesel
Baik ketiganya diatur secara komputerisasi dengan sensor..
Perdebatan mengenai keduanya memang seru juga
  • EFI  pada saat musim dingin lebih baik dibanding Karburator
  • Butuh kemampuan tinggi & alat mahal untuk setting EFI dibanding karbu..
  • Untuk jangka panjang bea Perawatan Karburator lebih mahal dibanding EFI
  • Untuk performa lebih bagus EFI (apalagi multi silinder)
  • EFI cocok untuk aplikasi turbo bahkan Supercharger…
  • EFI ramah Lingkungan
  • Kehandalan(reliability) tetap EFI…
  • Lebih Flexible untuk berbagai macam jenis konfigurasi intake engine.
  • EFI lebih irit dan bisa disetting halus atau liar 
  • AFR (air fuel ratio) karburator tidak stabil…

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar