Sistem EFI dapat digolomgkan menjadi 2 tipe sesuai dengan metode yang digunakan dalam pensensoran udara yang masuk, yaitu sebagai berikut:
[1]
- D-EFI (TIPE MANIFOLD PRESSURE CONTROL)
D-EFI (MANIFOLD PRESURE CONTROL) |
Referensi: D-EFI juga merupakan D-jetronic yang terdaftar pada BOch. D-jetronic berasal dari bahasa jerman "Drunk" (tekanan) dan "jetronic" dari kata ciptaan Bosch yang berarti "injeksi".
[2]
- L-EFI (TIPE AIR FLOW METER)
L-EFI (AIR FLOW METER) |
Tipe ini menggunkan air flow meter yang langsung mensensor jumlah udara yang mengalir kedalam intake manifold.
Referensi: L-EFI juga merupakan L-jetronic. "L" berasal dari kata jerman "Luft" (udara
[3]
EFI Jenis K-Jetronic
Selain dua tipe EFI diatas terdapat juga tipe EFI yang biasa disebut dengan K-jetronic, yang populer dieropa,. Tipe K-jetronic ini mengontrol aliran udara seperti halnya pada tipr "L", pengontrolan campuran bahan bakar dan udara secara mechanical dan secara terus menerus bahan bakar diinjeksikan.
K-JETRONIC SYSTEM |
0 komentar:
Posting Komentar